Selasa, 27 April 2010

Dibalik Daniel 1

PEMBUKAAN

Bagaimana komik(chapter 1) ini bisa dibuat?
Pertama-tama ada dua kasus..
= = =
KASUS A
(Zefaniga) adalah salah satu teman saya, yang jadi tokoh utama di komik buatan saya waktu SMA.
Sebelum kelulusan, dia meminta untuk dijadikan tokoh utama komik buatan saya lagi, tapi karena kesibukan kuliah, permintaannya nggak sempat terlaksana.

KASUS B
Suatu malam di kelompok persekutuan, pemimpin kelompok persekutuan(Saudara Kevin) menghimbau untuk membaca kitab Daniel,
Sudah pernah baca, tapi tetap saja keren,
lalu saya berpikir untuk membuat komiknya sehingga orang yang belum dan sudah membaca kitab Daniel bisa semakin tertarik membacanya dan lebih lagi menangkap apa yang ada di dalamnya.
= = =

Nah sebagai solusi dua hal itulah, saya membuat komik ini..Komik singkat Daniel ini dibuat waktu liburan sebelum masuk kuliah, masih nggak sibuk,,

= = =
Berikut ini beberapa hal dibalik pembuatannya~


KARAKTER


Raja Nebukadnezar, Daniel, dan nama kawan2nya tentu saja diambil dari kitab Daniel.
Tapi wajah Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego, dan 'Pengawal yang memberi nama baru bagi mereka'.. diambil dari tokoh2 komik yang saya buat waktu SMA..(yaitu: Zefa, Zoda, Ardine, Danang, dan Nico)

Semuanya adalah teman2 sekelas yang tingkahnya sehari-hari konyol dan selalu membuat seisi kelas tertawa :)
Ini Zefa dan Zoda di komik iseng SMA:


SETTING

Awalnya saya tidak tahu Babel itu tempat apaan sih, tapi ternyata Babel itu Babilonia(Babylon), nama yang rasanya nggak asing di telinga.. kota yang saat ini sudah hancur dan beberapa ahli mencoba merekonstruksinya,
Jadi untuk menggambarkan lokasinya, pakai gambar babylon yang ada di internet ~_~ Daniel diangkut ke Babel sekitar tahun 605SM(sudah ada ralat untuk halaman 1 karena tahun yang salah)..waktu masih muda sekitar 14 tahun. Kejadian perang di masa Daniel itu merupakan salah satu dari serangan Nebukadnezar ke Yerusalem. Masa itu Nebukadnezar sering(senang sekali) menyerang Yerusalem sampai akhirnya Yerusalem hancur.

Nantinya selama 70/80 tahun Daniel tinggal di Babel, melewati masa pergantian raja dan mengalami banyak hal yang hebat.

*kalau ada penjelasan yang salah tolong beritahu saya>__<) = = =

TAMBAHAN


Beberapa hal memang nggak terlalu sesuai dengan jamannya karena ini memang bukan komik serius untuk menggambarkan sejarah senyata-nyatanya,
Jadi..
Kalau menemukan makanan modern, tokoh kartun masa kini, dan keanehan lain dalam panel2 chapter 1 ini(dan mungkin seterusnya), itu karena memang sengaja dibuat demikian. :)

Thx buat yg sudah baca :)

2 komentar: